Fitur Baru BPJSTK Mobile dan Fungsinya

Apakah anda sudah mengetahui Fitur Bpjstk Terbaru, Atau anda belum tau apa - apa soal ini, di sini saya akan memberi tahukannya kepada anda semua yang membaca artikel ini. Apa itu Bpjs? dan untuk apa kegunaanya harap simak baik -  baik.

Untuk para pekerja memang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bpjs. Namun kalau untuk yang baru berkerja di sebuah perusahaan pasti akan bertanya - tanya, Apasih Bpjs itu dan untuk apa di ada kan Bpjs di setiap Perusahaan Tempat kita Berkerja.


Bpjstk Mobile Adalah Sebuah aplikasi yang di buat khusus untuk memudahkan pekerja untuk melihat jumlah saldo yang di potong setiap bulannya dari perusahaan untuk Bpjs ini, Langsung saja di bawah ini Fitur terbarunya dan Penjelasannya di antara Fitur yang ada.


1. BPJS Apaan sih ?


BPJS adalah singkatan yang berarti Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, yang sudah di resmikan Pada hari Selasa, 31 Desember 2013. Oleh mantan presiden negara kita, Yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono

2. Jenis Kartu BPJS yang harus anda tahu


Untuk yang belum tahu Bpjs ada 2 macam antara lain yaitu Bpjs Kesehatan dan Bpjs Ketenagakerjaan dan berikuti penjelasannya.

BPJS Kesehatan

Yang berarti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Sebagai Jaminan Pemeliharaan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, Yang awalnya bernama Asuransi Kesehatan dan sekarang telah berganti nama menjadi Bpjs Kesehatan. Bila ada keluarga yang sakit atau kecelakaan dalam berkerja kartu ini berguna sekali untuk mmpermudah berobat dan harga yang di patok tidak terlalu tinggi.

BPJS Ketenagakerjaan

Yang berarti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Sebagai Asurasi untuk para pekerja di perusahaan, Kartu ini dahulu bernama Jamsostek dan kini Telah berganti nama menjadi Bpjs Ketenagakerjaan. Fungsi ialah sebagai simpanan jaminan hari tua dan setiap 1 bulan sekali gaji kita akan di potong dan akan di masukan ke saldo kartu Bpjs ini. dan suatu saat kita dapat menacairkannya entah itu Habis kontrak atau sudah pensiun di suatu Perusahaan.

3. Fitur Terbaru BPJSTK Mobile dan Kegunaanya


Aplikasi yang berada di Playstore ini untuk memudahkan penecekan saldo Bpjs anda melalui aplikasi ini, dan sekarang tampil dengan Antar muka dan mudah sekali untuk menggunakannya, Berikut Beberapa Fitur yang ada di Aplikasi Bpjstk Mobile dan Kegunaanya.

A. Login dan Daftar Baru

Fitur yang pertama ialah menu daftar dan Login untuk yang sudah mendaftar, untuk masuk ke aplikasi ini memang harus dilakukan yang namanya pendaftaran, Mendaftar pun cukup mudah hanya dengan alamat email saja anda sudah bisa melakukan pendaftaran, Atau Login ke Aplikasi ini menggunakan Google+ anda juga bisa.

B. Saldo JHT

Fitur yang kedua? Fitur ini yang sangat di incar para pencari kerja, Karena Fitur ini untuk pengecekan Saldo yang masuk dan cara mengklaim / mencairkan uang mereka yang di kartu Bpjs ini. dan mempunyai 3 Fitur di antaranya :

  • Cek Saldo JHT
Bila anda memasuki Fitur ini dan sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. dengan Syarat telah menambahkan KPJ ( Kartu Perserta Jamsostek ) anda akan melihat rincian dari mulai Jumlah Saldo, Nama Perusahaan Tempat anda Berkerja, Jumlah Karyawan, Gaji Pokok Perusahaan Tersebut.

  • Rincian Saldo
Untuk Fitur rincian saldo anda akan melihat rincian uang anda yang masuk di Kartu Bpjs yang anda punyai. Rincian ini sangat lengkap, File rincian ini berbentuk Berkas tetapi yang sudah di scan dan berformat File Pdf. anda juga bisa mengirimkan File itu ke email anda. untuk sebagai bukti bila Saldo yang masuk tidak sesuai.

  • Klaim Saldo JHT
Klaim Saldo JHT yang artinya mengambil seluruh saldo yang berada di kartu bpjs anda. Dengan cara Klaim melalui Aplikasi ini alias Pencairan via Online. untuk mengajukannya anda juga di haruskan mengisi data lengkap anda yang sudah di Scan minimal 1 MB, Tidak boleh lebih dari itu, Berkas yang di haruskan ialah : Kartu Tanda Penduduk, Plaklaring Perusahaan, Surat Rekomendasi, Kartu Tabungan, Kartu Keluarga, Kartu Bpjs.

Penting : Pastikan bila ingin mencairkan uang yang berada di Bpjs. Pastikan sudah dalam keadaan sudah Non Aktif, Kalau masih dalam keadaan aktif tidak akan bisa di Cairkan.

C. Simulasi

Simulasi yang ada di Fitur Bpjstk Mobile ini adalah untuk menghitung Perkiraan berapa saldo yang akan masuk ke kartu Bpjs yang anda punya.

  • Simulasi Saldo JHT
Cara menghitungnya pun sudah tertera di dalam aplikasi tersebut, Jadi anda tidak perlu bingung dengan Perhitungan Simulasi dengan asumsi dengan contoh di bawah ini :

  1. Upah Tetap
  2. Iuran Perusahaan 3.7%
  3. Iuran TK 2%
  4. Besaran Pengembangan 7% Pertahun
  5. Iuran dibayarkan tanggan 1 tiap bulannya
  6. Hasil simulasi ini akan berbeda dengan yang aslinya

Jadi Simulasi ini hanya untuk menghitung secara Perkiraan dan belum tentu akan sama seperti Aslinya karena di setiap Tahunnya pasti ada kenaikan.

  • Simulasi Jaminan Pensiun (JP)
Simulasi ini juga sama dengan yang di atas hanya perkiraan berapa jumlah saldo yang akan masuk di Bpjs yang kita punyai. Cara mengisinya sudah di sediakan yang berada di kolom Aplikasi tersebut seperti mengisi : Tanggal Lahir, Awal Kepersertaan, Upah Saat Ini, Kenaikan Upah Pertahunnya (%) lalu anda bisa Klik Hitung Simulasi dan akan tampil Jumlahnya.

Keterangan dan panduan menghitung dengan detainya di bawah ini :

  1. Usia Pensiun dan Tahun Pensiun adalah Usia dan Tahun dimana hak peserta atas manfaat pensiun hari tua timbul
  2. Pembulatan 100 ke atas
  3. Hasil simulasi ini dapat berbeda dengan Perhitungan yang sesungguhnya

Asumsinya yang tertera dalam berapa persen perhitungannya, di bawah ini :

  1. Infrasi 5%
  2. Pertumbuhan PDB 6%
  3. Iuran akn di bayar dengan tertib

Penutup

Sekian Artikel yang saya buat ini tentang Fitur Baru BPJSTK Mobile dan Fungsinya, Semoga dapat membantu sedikit kepahaman anda tentang Bpjs ini. Saran saya bila tidak tahu sangat malu bertanya.

Bila ada pertanyaan, Kritik dan saran anda berilah komentar di bawah ini di kolom komentar yang sudah saya sediakan, saya akan menjawab pertanyaan anda semua, Terimakasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Fitur Baru BPJSTK Mobile dan Fungsinya"