Cara Mengetahui Nama Font Di Blog Seseorang

Cara mengetahui nama font di blog sesorang - Font dalam sebuah blog juga memang sangat perlu sekali dari mulai jenis dan ukuran di pakainya, agar pengunjung yang melihat nyaman untuk membaca tulisan dalam blog anda. gunakanlah font yang enak di baca otomatis, informasi yang anda tulis dapat mudah di pahami bagi pembaca setia anda.

image source: FreeImages.com

Pasti anda pernah kan jalan - jalan atau blogwalking ke sebuah blog, dan tulisan dalam blog itu bagus sekali dari mulai ukuran dan jenis font yang di gunakan, tapi apakah anda sempat ingin mengganti jenis font pada blog anda, karena melihat blog orang lain bagus, tetapi anda tidak tau nama font tersebut apa yang di pakainya. tenang saja karena saya akan memberitahukan kepada anda, agar bisa mengetahui jenis font apa yang di gunakan blog yang anda kunjungi itu.

Lalu bagaimana mas caranya? mudah kok tapi cara yang saya lakukan ini menggunakan plugin yang ada di google chrome, jadi saya pastikan anda menggunakan browser google chrome, agar cara ini berhasil juga anda lakukan. oke tanpa panjang lebar, kita langsung ke intinya saja lihat langkah - langkahnya di bawah ini.

Plugin google chrome untuk mengetahui jenis font pada blog seseorang


Plugin ini bernama Fontface Ninja, plugin ini banyak sekali manfaat yang akan berguna untuk mengetahui jenis font yang di pakai sesorang dari sebuah blog atau website. dan tulisan apa saja yang berada di google chrome, anda dapat tau jenis fontnya.

Caranya :

1. Pastikan anda menggunakan Google Chrome, karena kita kan melakukannya dengan browser ini.

2. Lalu buka browser google chrome anda dan download plugin yang bernama Fontface Ninja bisa di cari di pencarian google atau langsung menginstalnya ke laman Plugin Fontface Ninja.

3. Setelah laman sudah terbuka, lalu anda klik/pilih <ADDED TO CHROME> lihat seperti gambar di bawah ini.


4. Lalu akan keluar Notice anda klik <Add Extension> dan tunggu beberapa detik, supaya benar - benar terpasang di google chrome anda.

5. kalau sudah terpasang maka akan ada icon plugin tersebut, yang berada di kanan pojok atas seperti gambar di bawah ini.


6. Dan sekarang sudah benar - benar terinstal di google chrome anda, saatnya cari jenis font yang mau anda ketahui namanya, anda bisa membuka website/blog orang lain yang tulisannya ingin di ketahui apa nama fontnya.

7. Setelah sudah membuka blog tersebut, masuk ke beranda blog itu atau bisa membuka artikelnya. kalau sudah, anda cukup mengklik atau membuka icon plugin yang berada di pojok kanan atas tadi. dengan.

Contoh : saya membuka blog mas gani di www.klikmania.net karena saya mau tau jenis font apa yang di gunakan mas gani dari mulai Judul dan tulisan pada artikelnya.

8. Setelah saya sudah membuka salah satu artikel dari mas gani, lalu saya buka klik icon pluginnya dan otomatis akan muncul laman, di bagian header. lalu arahkan saja kursor mouse anda ke judul atau tulisan artikel, maka dari itu jenis font, ukuran font akan terlihat dengan detail seperti gambar di bawah ini.


9. Dan saya sudah mengetahui jenis font yang di pakai pada artikel blog mas gani yaitu : Releway - Medium dan ukuran yang di pakai 17px, tinggi 32px dan lebar kanan kirinya 0px.

10. Selesai dan sangat mudah sekali kan teman - teman.

Sekarang kita sudah tau nama fontnya, tapi apakah anda mau menerapkan juga di blog anda? nanggung bangat sih ya kalo engga sekalian, yaudah sekalian dah cara mengganti jenis font di blog kalian, oke jangan lupa ikuti juga step demi stepnya di bawah ini kawan.

Mengganti jenis font di blog dengan mudah


Langsung saja caranya mudah ikuti ya biar paham, karena agak sedikit pusing :

1. Masuk ke pengeditan template <HTML> lalu cari html CSS jenis font yang anda pakai, gunakan Ctrl + F untuk memudahkan mencari kode html, contoh CSS seperti ini : http://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway" rel="stylesheet" untuk Releway itu jenis font yang saya gunakan, jadi setiap blog berbeda ya. anda tinggal cari saya css mirip seperti di atas, biasanya berada sebelum </head>.

2. Kalau anda sudah tau nama jenis font yang mau di gunakan, langsung saja menuju Google Font untuk cari jenis font dan mengambil html CSS nya untuk mengganti CSS yang sebelumnya dengan yang baru ini gambarnya seperti di bawah ya.


3. Bila kita sudah mengganti CCSnya, sekarang kita beralih ke tahap ganti font nya dengan cari kode font-family: dan di situ banyak sekali kode yang sama dan untuk mengganti judul font blog anda. cari kode seperti ini : h1,h2,h3,h4,h5,h6{font-family: 'Raleway', sans-serif;font-weight:normal;color:#2e2e2e} dan tinggal anda ganti saja kode berwarna merah dengan CSS yang sudah anda ambil di google font (seperti gambar di atas, kode yang panah bawah) dan untuk meganti yang lainnya tinggal anda ubah saja ya sendiri, intinya kodenya gak jauh dari Fontt-family:.

Sekian sudah artikel yang saya buat ini , tentang cara mengetahui nama font di blog seseorang dan cara mengubah font di blog, ini versi yang saya gunakan, memang anda bingung, bisa bertanya atau melihat di blog lain ya. Bila anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya berikan komentar anda di kolom yang tersedia di bawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Nama Font Di Blog Seseorang"

Posting Komentar